Indeks Konsumsi Ikan Perkapita Indonesia


Ikan merupakan salahsatu sumber protein dan lauk pauk sehari –hari kita. Ada yang digoreng, bakar, di bumbui atau ada yang dimakan mentah (sushi). Kemampuan produksi ikan Indonesia khususnya sektor budidaya masih jauh di bawah potensi yang kita miliki (lih tulisan sebelumnya). Trus, bagaimana dengan pola konsumsi ikan kita, seberapa besar sih orang yang mengkonsumsi ikan di Indonesia? Pertanyaan ini bisa dijawab dengan melihat indeks konsumsi ikan perkapita. Saya pun mencari data di berbagai media (Departemen Kelautan dan Perikanan, Biro Pusat Statistik, Kompas, Departemen Pertanian), namun data yang saya dapatkan tidak memuaskan karena berbeda-beda dan angka yang dihasilkan pun menunjukkan indeks konsumsi ikan perkapita kita masih di bawah standar FAO (30 Kg/thn). Saya pun memutuskan untuk menghitung manual sebenarnya berapa sih indeks konsumsi ikan perkapita kita?

Berikut saya tampilkan data indeks konsumsi ikan perkapita kita yang saya olah terlebih dahulu dari berbagai sumber.

 

 

2001

2002

2003

2004

2005

2006

Domestic Consumption/Capita (Kg/Yr)

19.24

19.53

20.64

20.34

20.39

20.54

Aquaculture Consumption/Capita (Kg/Yr)

3.40

3.51

3.68

3.72

4.35

4.31

Total Consumption/Capita (Kg/Yr)

22.64

23.04

24.32

24.06

24.74

24.86

Total Population (Million)

208

211

214

216

219

222

Dari berbagai sumber (diolah)

Jika melihat tabel diatas, enam tahun terakhir memperlihatkan kenaikan konsumsi ikan namun konsumsi perkapita kita masih dibawah standar FAO (30 kg/yr).

Indeks konsumsi ikan perkapita diatas saya kategorikan dalam dua jenis yaitu Domestic Consumption dan Aquaculture Consumption. Domestic Consumption merupakan indeks komsumsi perkapita yang didasarkan pada data produksi ikan yang berasal dari sektor penangkapan, dan sektor ekspor – impor, sedangkan Aquaculture Consumption ialah indeks komsumsi perkapita yang didasarkan pada data produksi budidaya ikan di Indonesia. Seiiring dengan pertambahan jumlah penduduk Indonesia yang terus meningkat dengan pertumbuhan 1.2 %, kebutuhan akan ikan pun meningkat dan ini diikuti juga dengan meningkatnya jumlah konsumsi ikan di Indonesia baik dari sektor domestik dan budidaya. Domestic Consumption mengalami pertumbuhan 1,3 %, akan ini mengalami pertumbuhan yang terus konstan mengingat jumlah tangkapan yang pertumbuhan nya cenderung konstan bahkan menurun, namun perlu diingat bahwa sektor ini merupakan penyumbang terbesar produksi perikanan Indonesia dalam kurun waktu hampir 10 tahun belakang (diatas 65%).

 

Seiiring dengan meningkatnya jumlah produksi perikanan budidaya, Aquaculture Consumption juga meningkat dengan pertumbuhan mencapai 4,9 % dalam kurun waktu enam tahun ini. Meningkatnya Aquaculture Consumption di Indonesia diduga  oleh bertambahnya jumlah rumah makan atau restoran yang menyajikan ikan sebagai menu utamanya, terutama dengan adanya program kuliner dibeberapa program televisi yang membuat masyarakat Indonesia mengenal ikan nggak hanya digoreng atau bakar.

 

Secara keseluruhan, indeks konsumsi ikan ikan perkapita pertahun mencapai 24.86 kg dengan pertumbuhan mencapai 1,9 % dalam kurun enam tahun. Walaupun pertumbuhannya cenderung lambat, setidaknya kesadaran akan pentingnya makanan bergizi mulai meningkat.

Advertisements