internet dan paket bundling (oleh-oleh dari festival komputer indonesia 2008 dan indonesia cellular show 2008)


dari ajang festival komputer indonesia 2008 (FKI 2008) dan indonesia cellular show 2008 (ICS 2008) banyak produk teknologi yang ditawarkan, mulai Laptop, hingga handphone.
dari pameran FKI 2008, nampak tak banyak perubahan. merek dan jenis laptop tidak banyak berubah dan harga yang ditawarkan kan juga tidak telalu jauh dengan ajang pameran yang diadakan bulan februari lalu dan serasa mengalami de “javu….

namun ada yang menarik, saya melihat ada flashdisk dengan kapsitas 32 GB !!! (baru), namun sayang harganya masih 1jutaan, padahal dengan segitu saya bisa mendapatkan external hardisk 120Gb bahkan lebih. kalo dibandingkan ukuran ok lah flashdisk menang…tanpi kalo masalah kapasitas nya tentu lebih miilih external hardisk…

dari ajang ICS 2008, ada beberapa merek handphone baru yang menghiasi tanah air kita. namun teknologi yang ditawarkan juga hampir sama dan yang membedakan hanya tampilan. namun yang jadi perhatian ialah tidak munculnya provider 3 (three), di ajang ini membuat saya bingung? ada apa yah?

ada iklan yang menarik…handphone nexian 99Rb doang? (iklan ini terpampang gede di sepanjang jalan di dalam kawasan senayan) namun setelah penulis cek, promo ini hanya berlaku jika kita beli hape lain (seharga 900rb-an) dulu..baru promo ini beraku (baca : syarat dan ketentuan yang berlaku..he..he..mirip iklan))…..trus ada ajang lama-lama an nelpon tanpa gangguan sinyal dan dan banyak hadiah menarik lainnya

dan akhirnya saya akan merilis info seputar paket bundling yang ditawarkan untuk konsumen agar mudah dalam berinternet ” (lih gambar)

1. starone

dengan paket starone + modem SU-5200u (lih gambar),  harga yang ditawari 590/bulan dan bisa cicil 55rb/bln (untuk 12 bulan)… dan paket ini juga dilengkapi dengan tarif 25/menit (untuk 3 bulan pertama), yang biasanya 75/menit…ini tentunya dengan jaringan CDMA-starone..

2. Fren

dengan paket fren + modem SU 6200U (lih gambar),  harga yang ditawari 590/bulan dan bisa cicil 55rb/bln (untuk 12 bulan), paket ini dilengkapi gratis internet 6 bulan untuk pemakaian perbulan 20MB. modem ini samadengan yang dipake penulis cuma bedanya pake starone (lih posting sebelumnya).

3. Esia

dengan paket esia + wimode yang dah terkenal, paket yang ditawarkan tak banyak berubah. namun yang menarik hanya diskon harga (lih gambar)

4. Indosat (3.5G)

dengan modem SU 8200u, indosat menawarkan speed 3.5 G dengan harga modem 1,5 juta dan bisa cicil 142rb/bln. paket ini dilengkapi dengan akses internet Rp 1/bln (hingga 1,5GB/bln) untuk 3 bulan pertama, selanjutnya 200/bln (1.5gb) untuk bulan ke-4 hingga 9….(bulan 10-12 ? tanya aja cs-nya…saya gak berani nulis…)

5. Telkomsel (telkom-Flash)

dengan modem yang seperti biasa, telkomsel menawarkan harga 2.juta (biasanya 2.3jt). tarif? sama seperti biasa dan hanya bonus gratis internet sebulan dan unlimited!!!) selanjutnya?

6. Xl

dengan modem bandluxe (c-100 & C120), xl menawarkan harga modem 1,4juta  (bisa cicil 128,5rb/bln-selama 12 bln). dengan bonus gratis internet via Xplor dengan kuota, 250MB/bulan (untuk 3 bulan pertama) selanjutnya hnya 99rb/bln untuk bulan 9-12 (kasitas 250mb/bln)

7. IM2

kali ini tak banyak yang ditawarkan di stand ini, hanya penawaran pembelian paket modem + perdana 1m2 yang hnaya 1.5juta bisa cicil.. 

mana yang terbaik?

dngan jaringan GSM, speed internet jadi lebih cepat, namun agak mahal. dengan jaringan CDMA, internet jadi lebih murah namun agak lambat. jadi pilih yang mana?

penulis cuma mengingatkan…kalo modem kepanasan kadang bisa membuat simcard bengkok dan rusak…

dan yang terpenting tarif  bakal lebih murah seperti yang dijanjikan DEPKOMINFO dan beberapa bulan berikutnya (kapan yah)..