Toko Online, solusi bisnis di saat krisis


Sekarang ini, untuk berjualan anda tidak perlu punya atau sewa toko. Lewat dunia maya, anda sekarang bisa menjajakan produk anda. Dengan ’sifatnya’ yang mudah dan murah, Toko Online atau web ecommerce dengan menggunakan wordpress ecommerce adalah alternatif terbaik untuk para pebisnis pemula.

Coba kita lihat, seberapa ‘murahnya’ berbisnis dengan menggunakan Toko Online atau web ecommerce ini terutama untuk para pemula bisnis:

Pertama, dengan toko online atau web ecommerce kita tidak perlu menyewa tempat untuk sebuah toko offline yang menelan banyak biaya karena kita hanya bermodal sebuah PC dan koneksi Internet. Dan itupun bisa dikerjakan dari rumah. Bisa anda bayangkan berapa perbandingan membuat toko online web ecommrece dan offline ini. Dengan toko offline, selain anda harus menyewa atau bahkan membeli sebuah toko (yang harganya jauh lebih besar daripada menyewa hosting dan domain di Internet yang berkisar 300 – 500 ribu per tahun), anda juga masih harus berinvestasi untuk display produk, etalase, design interior dan sebagainya.

Kedua, kalau modal belum banyak, dengan toko online atau web ecommerce kita tidak usah membeli stok barang terlalu banyak. Cukup minimal 1 pcs per item barang saja sudah bisa. Tinggal difoto dan diupload ke website. Kalau selanjutnya ada pembeli, barulah kita melakukan pembelian lebih kepada suplier. Karena hanya sebagai display di website, jadi pengunjung juga tidak tahu apakah stok barang kita benar-benar banyak atau tidak (kalau dalam Toko Offline, jumlah stok yang terlihat tentunya sangat mempengaruhi keputusan membeli pengunjung bukan?).

Ketiga, karena sifatnya yang serba otomatis, dengan toko online atau web ecommerce kita dapat menghemat jumlah karyawan yang bekerja dalam bisnis kita. Atau dalam skala yang lebih kecil lagi, bisa juga tidak memerlukan karyawan dahulu untuk awal memulai bisnis ini. Karena kita hanya bertugas untuk cek email, cek pembayaran, membeli barang (jika belum tersedia stok) dan mengirim barang. Dalam skala yang lebih besar, kita bisa menambah karyawan untuk selalu ‘ready’ sebagai customer service -chatting dengan para pembeli kita.

Keempat, dalam hal promosi juga sangat efisien. Karena dengan Toko Online atau web ecommerce, toko kita bisa buka 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Meskipun pemiliknya sedang liburan, toko online atau web ecommerce tetap buka untuk melayani para pembeli. Selain itu dengan beberapa teknik SEO, toko online kita bisa ‘mengiklankan’ produk yang ditawarkan kepada calon pembeli potensial.

Kelima, karena sifatnya yang ‘maya’ atau berjualan secara ‘virtual’, pemilik bisnis atau operator web ecommerce tidak perlu bekerja secara formal. Ibu rumah tangga yang menjalankan bisnis ini bisa sambil menggendong bayinya. Mahasiswa yang sedang kuliahpun bisa sembari belajar atau membaca pelajaran kuliah sambil berjualan di Internet. Fleksibel bukan?

Keenam, meskipun investasi yang dikeluarkan untuk membuat toko online atau web ecommerce ini lebih rendah daripada toko offline, namun jangkauan pasarnya sangat luas hingga ke seluruh Indonesia bahkan Dunia (tergantung pasar produk anda). The world is realy FLAT!

Dan masih banyak lagi manfaat yang bisa didapat dengan berjualan menggunakan toko online. (selanjutnya akan kita posting lagi di judul blog selanjutnya).

Karena konsep mudah & murah inilah (hanya bermodal minimal 300 – 500 ribu), berbisnis dengan berjualan melalui Toko Online inilah alternatif terbaik bagi para pebisnis pemula.

Ayo bersama-sama menjadi enterpreneur, menuju perekonomian Indonesia yang lebih baik.

Simplify UKM Online