Festival Kuliner Serpong 2014 di Mal Summarecon Mal Serpong


Akhir pekan kemarin (23 Agustus 2014) saya disuguhkan Mal SMS berupa event yang cukup menggiurkan yakni Festival Kuliner Serpong 2014 yang akan berlangsung 15 Agustus – 7 September 2014. Festival ini menyajikan kuliner asal Sulawesi yang terkenal dengan bumbu rempah yang kuat. Tiba di mal ini sore hari dan mencari parkiran mobil sangat lah mudah mengingat kapasitas mall dan parkiran yang cukup besar.

Masuk ke area Festival Kuliner Serpong yang berlokasi di area parkir selatan SMS saya disuguhi pemandangan dan nuansa khas budaya Sulawesi seperti Rumah Adat Tongkonan dari SukuToraja hingga kapal pinisi yang berukuran besar dan dijadikan panggung utama acara Festival Kuliner Serpong tahun ini.

Untuk dapat menikmati kuliner di festival ini, panitia menyiapkan kartu khusus untuk transaksi dengan nominal saldo yang bisa diisi di kasir-kasir yang telah disediakan. Desain kartu unik bergambar perahu pinisi atau rumah adat Tongkonan.

Untuk melihat daftar tenant atau peserta yang ikut dalam Festival Kuliner Serpong 2014 kali ini saya cukup melihat daftar yang diberikan panitia atau kita bisa melihat daftar yang tertera di papan utama Festival Kuliner Serpong 2014. Setelah membaca seksama saya memutuskan untuk mencoba dua menu pembuka yakni Pisang Goreng Sambal Roa & Lumpia Sulawesi kemudian menu utama pada Sop konro karebosi cab kelapa gading dan menu penutup yakni Es pisang ijo pemuda.

Puas menikmati sajian Festival Kuliner Serpong 2014 di mal Sumarecon Mal Serpong, saya memutuskan untuk keliling area festival unik melihat keunikan kuliner lainnya. Banyak kuliner terkenal hadir di festival ini salah satunya Nasi Goreng Kebon Sirih yang hadir dengan wajan besar, dan uniknya saat saya kesana koki nya mulai masak nasi goreng didalam wajan besar. Tak terbayang tenaga dan keahlian untuk memasak sebanyak itu. Kuliner lainnya yang menarik yakni kambing guling dan saat itu sedang menggulingkan kambing utuhnya serta ada nasi ungu plus sate lilit yang menggoda untuk dicoba.

Diakhir acara saya, malam minggu itu saya disuguhi pertunjukan kembang api yang spektakuler dan memecah langit Serpong penuh dengan warna warni. Seakan mengajak saya datang kembali untuk menikmati kerinduan akan kuliner Indonesia yang berpotensi citarasa tinggi. Indahnya suara Barsena Bestandhi yang merupakan jebolan NEZ Academy NET TV mengiringi saya pulang malam itu.