Cara motivasi karyawan dalam waktu kurang dari 5 menit


Pernahkah Anda membeli gadget baru atau mainan untuk anak-anak atau diri Anda sendiri dan melihat stiker yang mengganggu dengan tulisan “tidak termasuk baterai” ?14388433331852028969

Mendapatkan baterai yang tepat untuk gadget baru Anda sama dengan menemukan motivasi yang tepat untuk karyawan Anda. Tujuan akhirnya adalah sama : energi untuk melakukan tindakan, tetapi Anda membutuhkan koneksi yang tepat untuk memicu aliran energi tersebut.

Memotivasi tim Anda lebih seperti seni daripada ilmu pengetahuan dan ada empat teknik yang akan meningkatkan kesempatan Anda dalam menemukan bahan bakar yang tepat :

1. Fokus pada gambaran yang lebih besar

Salah satu pemicu motivasi yang paling universal adalah menghubungkan tindakan saat ini dengan visi yang lebih besar. Sebagai contoh, ketika Anda memulai bisnis Anda, Anda memiliki motivasi yang luar biasa besar yang bahkan melebihi bisnis Anda sendiri. Atau mungkin Anda ingin memiliki kebebasan untuk membangun kehidupan yang lebih baik bagi Anda dan orang yang Anda cintai atau membantu orang dan membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik dalam berbagai cara. Apa yang mendorong Anda adalah gambaran yang lebih besar, bukan pekerjaan rutinitas yang Anda lakukan setiap hari.

Tim Anda tidak berbeda dengan hal tersebut. Jika Anda melihat kurangnya motivasi atau produktivitas, itu mungkin karena mereka telah kehilangan hubungan antara apa yang mereka lakukan dan “mengapa” mereka. Anda harus secara aktif mencari “mengapa” mereka selama Anda melakukan percakapan, sehingga ketika mereka mulai kehilangan motivasi, Anda dapat berada disana untuk mengingatkan mereka tentang gambaran besar tersebut. Bantu mereka melihat bagaimana potongan puzzle mereka sesuai untuk membangun gambaran yang lebih besar.

2. Tekankan pentingnya sebuah proses.

Kadang-kadang sebuah tim dapat menunda-nunda pekerjaan karena mereka berpikir tidak ada salahnya menunda tugas-tugas tertentu. Sedikit dari mereka yang tahu bahwa apa yang tampaknya tidak penting bagi mereka sebenarnya merupakan landasan untuk langkah selanjutnya. Anda mungkin perlu menjelaskan rantai peristiwa yang diperlukan untuk mencapai tujuan besar. Tidak ada langkah yang tidak penting. Seperti yang mereka katakan dalam teater, tidak ada peran yang kecil, yang ada hanya aktor yang kecil. Dalam bisnis Anda, tidak ada langkah-langkah yang kecil, yang ada hanya pemikiran kecil. Tentu saja, ini hanya berlaku jika Anda tidak memiliki redudansi yang tidak perlu. Jika Anda mendapatkannya (redudansi yang tidak perlu), mungkin ide yang bagus untuk melakukan audit dan membersihkan jaring laba-laba prosedur Anda.

3. Perhatikan apa yang menggairahkan mereka.

Motivasi yang terbaik tidak datang dari Anda, melainkan pada diri mereka masing – masing. Bila Anda memiliki percakapan dengan seseorang, perhatikan dengan cermat apa yang mereka katakan dan bagaimana mereka mengatakannya. Hal ini akan memberikan Anda petunjuk mengenai cara terbaik untuk memotivasi mereka pada saat itu.

Saya suka menyebut petunjuk ini sebagai “kata kunci”. Mereka adalah sebuah kata atau frase yang menonjol dibandingkan yang lain. Kata kunci lebih ditekankan pada saat diucapkan. Orang akan bersandar atau duduk tegak. Suara mereka mungkin akan terdengar lebih keras atau lebih terarah. Mata mereka mungkin melebar ketika mereka mengatakan kata kunci mereka.

Sebagai contoh, saya menjalankan sesi pelatihan komunikasi bagi sekelompok kecil pemimpin perusahaan. Saya dapat mengatakan bahwa satu orang tidak bisa menerima pelatihan tersebut. Pada saat istirahat, saya mendekatinya dan meminta pendapatnya. Dia mengatakan, “Jangan salah paham, sesi pelatihan ini sangat baik, tetapi Anda harus memahami bahwa ada banyak hal yang terjadi dalam perusahaan dan saya tidak melihat bagaimana hal ini dapat membantu kami untuk bergerak maju”.

Ketika ia mengucapkan kata-kata “bergerak maju” gerak tubuh dan suaranya ditekankan. Setelah sedikit diskusi dan menginvestigasi kata kunci, saya menyimpulkan bahwa kemajuan dan masa depan adalah pemicu motivasi baginya. Dia juga membenci apa pun yang berhubungan dengan perasaan buntu, review kejadian di masa lalu atau hal yang berulang – ulang terjadi pada dirinya.

Bingo !

Saya menghabiskan sisa lima menit istirahat untuk membuat studi kasus dan menjelaskan bagaimana pelatihan ini dapat membantu perusahaannya bergerak maju, mencapai tujuan mereka dan bahkan membantu karyawannya mendapatkan kemajuan dalam perusahaan. Setelah percakapan singkat kami, dia sangat penuh perhatian dan partisipatif sampai akhir sesi pelatihan. Bila Anda mendeteksi lebih banyak energi di balik kata-kata tertentu, kaitkan pada mereka dan gunakan kata kunci tersebut untuk membantu upaya motivasi Anda.

4. Berikan pengakuan.

Salah satu cara terbaik untuk meletakkan dasar motivasi di masa depan adalah dengan cara mengakui dan menghargai keberhasilan. Jika Anda memotivasi seseorang untuk mengambil tindakan, tetapi tidak mengakui prestasi tersebut, mereka akan menjadi malas dan letih ketika Anda mendekati mereka lagi di masa depan untuk sesuatu hal yang lain. Pengakuan kesuksesan masa lalu adalah motivator untuk kemajuan di masa depan. Kegagalan untuk melakukannya dapat mengakibatkan karyawan menjadi defensif.

Pemimpin harus menjadi sumber konstan motivasi. Tim Anda harus datang kepada Anda untuk mengisi ulang baterai mereka, jangan sampai meninggalkan perasaan lelah. Perhatikan kebutuhan mereka.

sumber : http://kerjayuk.com/

Trainer Profesional, Motivator Nasional, Terapis & Fasilitator Pengembangan Diri, Tim & Organisasi yang telah Berpengalaman melayani EO, TO, Training, Seminar, Terapi dan Outbound untuk berbagai kalangan dan profesi. Mulai dari Pemerintahan Pusat & Daerah, BUMN, Perusahaan Swasta Nasional & Asing, Lembaga Profesi, NGO, Kampus & Sekolah di seantero Nusantara.

Layanan Informasi Hubungi Call Center :

Transformasi Festindo

0812 9535 0040 – Ferinaldy