Proposal Training Motivasi Siswa Baru (MOS)


20140510-140547Program pendidikan dan pelatihan yang kami tawarkan, dikemas dalam bentuk Character Building Training, dimana arahan utamanya adalah membentuk budi pekerti/karakter siswa baru mulai dari pola pikir, pola kata, pola rasa dan pola laku. Sehingga peserta memiliki motivasi yang tinggi dan karakter yang baik.

 

Untuk membangun sebuah bangsa yang hebat harus diawali dengan membangun karakter pelajarnya sejak usia dini, sehingga kedepannya akan terbentuk generasi penerus bangsa yang cerdas spiritual, cerdas emosional, cerdas sosial, dan cerdas intelektual.

Berdasarkan observasi kami terdapat beberapa karakter buruk pelajar yang mengkhawatirkan dan perlu segera diantisipasi dengan cerdas tanpa meremehkan maupun menyakiti. Karakter buruk tersebut seperti:

  • Tidak mengormati dan memberontak pada orang tua dan guru.
  • Lesu dan kurang bergairah dalam belajar karena Konflik anak dengan teman, Konflik anak dengan orang tua/guru (bermasalah dengan teman, guru maupun permasalahan keluarga)
  • Malas, kurang inisiatif, daya juang rendah
  • Tidak fokus, sinis dan apatis, minim gairah belajar
  • Tidak sopan pada yang lebih tua
  • Tidak bertanggung jawab terhadap tugas
  • Was-was dan merasa selalu sial dalam menghadapi test atau ujian
  • Kurang percaya diri dan minder
  • Kecanduan game online
  • Merokok, narkoba, alcohol
  • Pergaulan bebas

Karakter merupakan perilaku yang sudah tertanam dengan kuat pada diri seseorang selama bertahun-tahun. Karakter terbentuk dari proses meniru, yaitu melalui proses melihat, mendengar, dan mengikuti, sehingga masuk ke dalam pikiran bawah sadar, menjadi suatu kebiasaan dan tercipta menjadi sebuah karakter.

Oleh sebab itu, siswa perlu diperkenalkan dengan berbagai perilaku positif dan dipraktekan dalam kehidupan sehari-harinya. Agar diperoleh hasil yang baik, “pembentukan karakter” harus dirancang untuk diberikan kepada siswa yang sudah mulai banyak bersosialisasi, baik secara intern di sekolah maupun ekstern dengan masyarakat.

Sebagai tanda kepedulian kami terhadap pembentukan karakter siswa ini, Kami mempersembahkan program CHARACTER BUILDING TRAINING.

 

Materi Pelatihan

Kami tawarkan sebuah pelatihan unggulan untuk para siswa, berdurasi 2 jam, “CHARACTER BUILDING TRAINING” yaitu pelatihan untuk membangun karakter positif para siswa, dengan perubahan pola pikir, pola kata, pola rasa dan pola aksi positif dan kreatif.

Training ini akan memfasilitasi peserta dalam meningkatkan pola pikir yang positif dan kreatif, membangun kualitas diri yang efektif, serta membangun pola komunikasi yang baik, dengan rincian materi sebagai berikut :

  1. Membentuk karakter siswa yang taat dalam beribadah
  2. Membentuk karakter siswa yang disiplin
  3. Membentuk karakter siswa yang bertanggung jawab
  4. Membentuk karakter siswa yang jujur
  5. Membentuk karakter siswa yang menghargai orang lain, terutama guru dan orang tua
  6. Membentuk pribadi siswa yang memiliki keseimbangan kecerdasan spiritual, emosional, sosial, dan intelektual

Output yang diperoleh dari training ini adalah siswa menjadi pribadi baru yang memiliki keseimbangan kecerdasan spiritual, emosional, sosial, dan intelektual sehingga lebih taat beribadah, disiplin, bertanggung jawab, jujur, dan menghargai orang tau dan guru.

Metode Pelatihan

Agar pelatihan tepat pada sasarannya dengan mantap, maka pelatihan ini dirancang dengan metode 7-si, yaitu : Motivasi, Visualisasi, Ilustrasi, Interaksi, Simulasi, Diskusi, dan Kontemplasi.

  1. Motivasi : Adalah pelafalan kata-kata bermakna dan kreatif yang mengandung energi motivasi yang dahsyat, dari Trainer kepada para peserta.
  2. Visualisasi : Penayangan visualisasi yang menghibur, menyentuh dan berenergi lewat multimedia, kolaborasi LCD, Big Screen, dan Portable Computer.
  3. Ilustrasi : Ilustrasi disajikan melalui cerita-cerita hikmah dan humor yang “menyentil” otak kecil dan hati kecil para peserta.
  4. Interaksi : Adalah usaha pendekatan dari Trainer kepada audience, yaitu mengajak dan menjalin hubungan yang menyenangkan dan harmonis dengan para peserta.
  5. Simulasi : Adalah unjuk praktek teori yang disampaikan dalam pelatihan, dicontohkan oleh trainer dan dipraktekkan oleh sebagian peserta. Lalu dievaluasi bersama-sama.
  6. Diskusi : Adalah forum tanya jawab yang waktunya disediakan secara khusus di akhir acara, antara peserta dan Trainer/Fasilitator. Diskusi dilakukan hanya bila dianggap perlu dan efektif.
  7. Kontemplasi : Inilah sesi yang paling penting, yakni sesi pembangkitan mental spiritual dan pembangkitan kreativitas pikiran bawah sadar para peserta, sebuah rekreasi emosional, strategi yang luar biasa untuk menstimulir kecerdasan dahsyat para peserta yang sebelumnya masih terbenam.

 

Investasi Pelatihan

Biaya Character Building Training ini adalah sebesar Rp.  –  untuk satu angkatan siswa.